Tuesday, March 24, 2009

BE 100 % WITH FISH PHILOSOPHY

Pernah ke Pasar ikan atau menemani mami kesana? Tentu beli ikan dong bukan untuk jalan-jalan khan ya. Apa yang ada terbayang kalau sebut pasar ikan? Hmm bau, becek, jorok(entah apalagi kosa kata yang ada di benak anda). Kalau ngga karena dipaksa mending titp saja yah ikannya ke orang lain. Melewati Pasar Ikan dari jarak beberapa meter saja langsung tercium bau amis ikan, becek dan terasa kesan jorok.

Image pasar ikan inilah yang kemudian di rubah oleh penjual ikan di Pike Place, Seatle Amerika. Mereka menjadikan pasar ikan sebagai tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi bahkan para wisatawan kesana hanya karena tertarik dengan situasi dan keramaian yang ada. Apa yah yang membuat pasar ikan Pike Place menjadi begitu terkenal dan menjadi tempat kunjungan orang-orang seantero Dunia? Ternyata setelah diselidiki para penjual ikan disana sangat menyenangkan, hal ini membuat situasi pasar ikan menjadi tempat yang menuyenangkan bukan saja buat penjual ikan tetapi buat pembelinya. Para penjual ikan di pasar ini menyatakan bahwa bisnis yang mereka jalankan bukan menjual ikan tetapi lebih menekankan pada melayani orang-orang yang datang dan mereka memiliki Philosophy yang kemudian terkenal dengan Fish Fun Spirit, Catch the Spirit, Release your Potential. Ada 4 prinsip yang mereka pegang dalam fish fun yaitu pertama Pilihlah Sikapmu(Choose Your Attitude) , kedua, Menemukan Hal Yang Menyenangkan(Play), ketiga Jadikan Hari yang Membahagiakan Orang Lain(Make Their Day), keempat Hadir (Be There).

Apa yang membuat prinsip ini penting untuk diterapkan? Kenyataan yang perlu kita sadari adalah lebih dari 60 % hidup kita sehari-hari diisi dengan aktivitas di tempat kerja dan tentunya kalau kita bekerja di bawah tekanan tanpa mencoba untuk menjadikan pekerjaan tersebut menyenangkan akan membuat kita cepat bosan dengan pekerjaan yang ada. Dengan prinsip fish orang akan menjadi termotivasi karena orang akan senang bekerja disuatu lingkungan kerja yang menyenangkan, mendorong mereka untuk bekerja maksimal. Hal ini akan mencegah timbulnya burnout pada karyawan dan membuat Karyawan tetap bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Lalu bagaimana penerapan 4 prinsip fish Philosophy:
Pilihlah Sikapmu, pernah baca buku The Secret atau nonton Video-nya, ilustrasi dalam buku atau video tersebut sangat dekat dengan bagaimana prinsip pertama dalam Fish Philosophy. Kita memiliki kehendak bebas untuk memilih sikap kita. Apapun pilihan sikap kita di pagi hari akan berpengauh pada keseluruhan proses dalam satu hari. Memilih untuk bersikap positif atau memiliki positif feeling, kata Erbe Sentanu dalam Quantum Iklas akan lebih menyenangkan. Sikap kita akan berpengaruh pada reaksi kita di kantor menghadapi pekerjaan yang menumpuk, meeting yang panjang atau rekan kerja yang menyebalkan. Memilih bersikap positif akan menyenangkan buat orang lain karena akan terlihat dari senyum saat memasuki ruang kerja, keceriaan, kehangatan yang ditunjukan dengan gesture dan bahasa non verbal yang terlihat oleh orang lain meskipun orang tersebut tidak mengenal kita.
Menemukan hal yang Menyenangkan, Prinsip ini menekankan bagaimana menjadikan pekerjaan kita sebagai sesuatu yang menyenangkan. Kegembiraan dan senangnya saat kita bermain sepak bola, badminton ataupun main games di PS. Rasanya waktu begitu cepat berlalu dan cape menjadi tidak dirasakan lagi. Bawakan energi ini dalam situasi bekerja. Inilah yang diperlihatkan penjual ikan di Pike Place. Temukan sesuatu yang menyenangkan dalam bekerja karena kegembiraan menimbulkan semangat sehingga dapat lebih menikmati pekerjaan kita. Apa keuntungan yang kita dapatkan dengan menerapkan prinsip ini, orang yang bahagia akan memperlakukan orang lain dengan baik, kegembiraan melahirkan kreativitas, waktu berjalan cepat, bersenang-senang itu sehat, bekerja merupakan penghargaan, bukan hanya sekedar cara untuk memberikan penghargaan.
Jadikan Hari yang Membahagiakan Orang Lain, prinsip ini menekankan pada sesuatu yang ditujukan pada rekan kerja kita, pelanggan kita. Membuat sesuatu yang istimewa terhadap orang lain, misalnya rekan kerja, pelanggan. Tidak sulit sebenarnya karena dengan tersenyum, menyapa saja sudah membuat orang lain merasa senang. Ketika kita melakukan sesuatu yang istimewa kepada seseorang mereka selalu mengingatnya dan hal ini membuat perasaan kita juga menjadi positif karena melihat orang lain bahagia. Memperlakukan orang lain dengan baik, memuji kelebihan mereka dapat mendatangkan perasaan positif.
Hadir, Secara total fokus pada saat ini, menikmati apa yang kita kerjakan saat ini dan memberi perhatian penuh kepada orang lain. Penerapannya dapat dilakukan dengan memperhatikan atasan, rekan kerja atau bawahan terutama pelanggan dengan serius saat mereka berbicara. Ketika kita benar-benar memperhatikan pelanggan kita dan mendengarkan apa yang disampaikannya akan menguatkan orang lain dan menghargai apa yang kita sampaikan.
So, bagaimana dengan diri kita dan lingkungan kerja kita saat ini? Dapatkan kita menerapkan Fish Philosophy? Membuat lingkunga kerja menyenangkan merupakan kewajiban setiap anggota oraganisasi dan Karyawan dimanapun kita berada. Sebagai bagian dari tim kerja, ikut menciptakan suasana yang menyenangkan, saling mendukung satu sama lain akan terlihat lebih baik dibandingkan sikut-sikutan dan saling menjatuhkan. Mengapa kita tidak memulai dari hal-hal kecil dulu, dari diri kita masing-masing. Saya yakin energinya akan menular kepada orang lain karena energi positif akan cepat sekali berpengaruh pada orang lain dilingkungan kerja kita.

Saat memulai hari ketika anda memasuki tempat kerja kita, silakan memilih untuk membuat hari ini jadi luar biasa. Rekan kerja anda, pelanggan, anggota tim dan diri anda sendiri akan sangat berterima kasih. Carilah cara untuk Menemukan hal yang Meneyenangkan dalam Pekerjaanmu. Anda bisa sangat serius dalam mengerjakan tugas tanpa harus memuat diri sendiri menjadi serius. Tetaplah fokus agar Anda selalu hadir saat pelanggan, rekan kerja dan anggota tim membutuhkan Anda. Dan jika Anda merasakan semangat anda merosot, cobalah pengobatan pengobar api berikut : Temukan seseorang yang membutuhkan pertolongan, berikan dukungan atau menjadi pendengar yang baik serta jadikan hariini sebagai hari yang membahagiakan mereka.

No comments: