Saturday, March 20, 2010

Senduk Rumah Tangga


Ketika 2 orang bersatu dalam komitmen berumah tangga dalam lembaga perkawinan maka jadilah seperti dua buah sendok. Inilah yang disampaikan Romo Agus Murti dalam kotbah membekali 2 teman yang berikrar dalam janji suci Pernikahan. Saya jadi kepikiran mengapa Romo menyampaikan pengandaian dua buah sendok dalam mengambarkan kehidupan perkawinan. Saya langsung membayangkan 2 buah sendok ( saya memiliki kemampuan cukup baik dalam membayangkan ). Saya membayangkan 2 buah berdiri berdekatan dari saling menghadap ke depan, kebelakang, samping kiri atau kanan. Mari bayangkan juga situasi ini dan you know what!!!!, 2 buah sendok apabila berhadapan akan saling menyentuh bagian atasnya nah begitu juga saat disatukan maka kepalanya akan saling mengisi satu sama lain nah kalau berdiri berjejeran juga pasti bagian ujungnya bersentuhan. Bentuk sendok yang membesar di bagian ujungnya akan membuat jarang pada pegangannya tetapi bagian ujungnya akan tetap bersentuhan karena bentuknya lebih besar pada ujungnya.

Ini mungkin yang membuat Romo Agus memberikan wejangan yang sama jika sebuah perkawinan seperti sendok maka akan selalu bersentuhan dan memiliki hubungan batin dan tentu saja hal ini akan membawa pada komitmen kesetiaan suami istri terpelihara. Pada setiap misa Pernikahan nuansa kasih akan menyelimuti sepanjang acara dari bacaan yang diambil, lagu-lagu yang dibawakan hal ini menguatkan saya juga dalam masa kehidupan rumah tanggaku yang masih seumur jagung.

No comments: