Tuesday, October 19, 2010

Feel The Job

Bagaimana cara anda mengetahui secara pasti pekerjaan orang lain, baik deskripsi pekerjaan, lingkungan dan mungkin juga perasaan yang ada saat orang tersebut melaksanakan pekerjaannya. Anda yang bergerak di bidang HRD pasti pintar menjawab hal ini, yah dengan melakukan Job Evaluation, membaca Job Deskripsi, melakukan interview dengan pelaksana dalam pekerjaan tersebut atau orang memahami pekerjaan tersebut misalnya atasan akan membantu memberikan gambaran yang jelas mengenai pekerjaan itu.

Banyak cara yang dapat dilakukan namun apabila kita ingin benar-benar memahami pekerjaan tersebut salah satu proses yang menurutku paling efektif adalah dengan ikut berkecimpung dalam pekerjaan itu sendiri atau melakukan pekerjaan tersebut meskipun tidak secara total dan keseluruhan namun dengan mencoba melakukannya kita bias lebih memahami pekerjaannya dan berempati dengan pelaksananya.

Itulah yang kulakukan beberapa hari ini, sebagai orang yang berlatar belakang HR dan belum pernah mendalami dan menjadi tenaga penjual maka langkah yang kulakukan untuk memahami pekerjaan mereka ada;lah dengan melakukan joint visit bersama dengan para Salesman, Sales Supervisor dan melakukan proses penjualan.

Haruskah itu dilakukan? Masih banyak cara lain kog selain terjuni ke lapangan, buang waktu saja.
Saya merasakan manfaat dari join visit yang kulakukan, dalam waktu yang singkat saya langsung memahami bagaimana berada dalam posisi sebagai Sales atau Sales Supervisor. Tentu saja saya merasa dekat denan dunia penjualan dan dari sinilah saya bisa langsung melakukan Sales Coaching minimal saya mendorong mereka, memotivasi mereka untuk melakukan proses penjualan dengan mengurangi rasa sungkan atau ragu-ragu saat bertransaksi.

Momok yang paling menakutkan bagi mereka ketika memulai suatu proses dan ketakuta untuk ditolak oleh pemilik outlet dan disinilah rasa menjadi tertantang untuk ikut melakukan proses penjualan sehingga merasakan juga apa yang dirasakan oleh para tenaga penjual ini.

Proses ini membuat saya menjadi paham apa saja yang masih perlu ditingkatkan dari para Sales atau Sales Supervisor ini. Saya dapat menyusun program training yang sesuai untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan para mereka secara spesifik sesuai dengan keadaan masing-masing Salesman.

No comments: