Wednesday, March 25, 2009

PERILAKU YANG PALING SAYA BENCI DI JALANAN JAKARTA

Pertama, Orang membuang puntung rokok keluar dari mobil/sepeda motor saat mobil tersebut masih berjalan. Saya membayangkan puntung rokok tersebut jatuh dan mengenai sesorang di luar atau saat dibuang mengenai mobil yang mengangkut bensin atau solar atau bahan yang mudah terbakar, tentu akan terjadi kebakaran. Heh saya seringkali melihat hal ini di jalan dan coba lihat yang membuang puntung rokok tersebut nyante banget yah, dia ngga pernah mungkin memikirkan akibatnya. Saya tidak memperdulikan akibat ke perokoknya karena masing-masing toh sudah paham dengan akibat jangka panjangnya namun konsen saya lebih ke dampak kepada lingkungan sekitar resiko kebakaran dari perilaku ini sangat besar apalagi Jakarta panas banget bisa saja percikan kecil dapat membuat kebakaran.

Kedua, Merokok sambil bawa sepeda motor, wah perilaku ini tuh bikin jalanan banyak kecelakaan. Perhatikan jalanan Jakarta selalu rame, hal ini sangat beresiko banget. Saat ada kendaraan lain menyalib etnah dari belakang samping atau ada kendaraan yang melacu cepat akan mempengaruhi pengendara lain dan saat pengendara mengendarai sambil merokok maka lebih susah menjaga keseimbangannya. Bayangkan kalau dia jatuh, rokoknya jatuh dekat motor saat ada bensin merembes kemungkinan terjadi kebakaran besar, bisa saja terjadi kekacauan lebih besar entah membuat jalanan macet sampai tabrakan lain. Saat mengendarai mobil sama saja sih hanya mungkin kalau di mobil keseimbangannya masih tetap terjaga.

Ketiga, Melanggar lampu lalu lintas. Pernah melakukannya, hmmm even saya pernah melakukannya, alasannya sih klise buru-buru. Saat ini saya berusaha mematuhi lampu lalu lintas meskipun akan lebih lama perjalanannya. Kecendrungannya saat mengendarai motor akan selalu mendahului lampu lalu lintas, belum hijau sudah jalan dan lihatlah banyak banget yang melakukannya. Pernah juga menyaksikan tabarakan di depan mata kamu karena melanggar lampu lalu lintas? Sudah beberapa kejadian tersebut saya saksikan selama di Jakarta dan wow sangat mengerikan akhirnya. Hal ini mungkin yang membuat saya jadi lebih berhati-hati di perempatan di jalanan Jakarta.

Keempat, Membuang sampah di jalanan, wah ini memang kebiasaan yang susah dihilangkan, beberapa alasan mungkin karena memang kesadaran kita mengenai kebersihan dan dampak dari perilaku ini kurang dalam jadi yah seenaknya saja membuang sampah dimana saja. Mungkin juga karena mencari tempat sampah di pingiran jalanan di Jakarta cukup susah yah, saya beberapa kali mengalami hal ini, kalau yang rada kecil dapat sih di bawa sampai menemukan tempat sampah. Bagaimana kalau yang agak besar sampahnya, lihatlah pot tanaman di seputaran jalan heh isinya yah banyakan sampahnya.

Ada yang mau menambahkan list ini ? atau adakan cara yang efektif dan praktis untuk mengurangi kebiasaan ini ?

No comments: