Monday, March 30, 2009

Setelah Lulus akan Masuk ke Bidang Apa?

Sabtu kemarin 28 Maret 2009 mengikuti Job Fair di UI, tadinya tidak direncanakan mendadak hari Jumat di minta bantuan rekan saya di bagian Recruitment untuk ikut juga menjaga stand yang nantinya membantu untuk menjelaskan posisi yang kami buka dalam job fair tersebut. Agak teknis memang vacancy yang di buka sehingga perlu di jelaskan mengenai job describtion.

Saat menjaga stand di sana ternyata banyak banget yang tertarik karena memang dari KG semua Unit Bisnis yang ada ikut dan tumplek dalam satu stand memasang vacancy masing-masing unit. Pertama sih bangga juga banyak yang tertarik dengan perusahaan kami karena yang datang untuk melihat, menanyakan dan drop cv untuk vacant yang ada cukup banyak.

Saya dengan rekan saya kemudian merubah strategi agar tidak terlalu banyak menerima resume/CV yang tidak sesuai dengan vacant yang ada, kami terlebih dahulu menanyakan background pendidikan terlebih dahulu kemudian interestnya di bidang apa. Disinilah mulai keherananku, mostly saat saya menanyakan bidang yang disukai oleh pelamar yang rata-rata fresh graduate tersebut jawaban sama yaitu binggung bidang apa yang disukai dan akan menjadi pilihannya nanti di dunia kerja. Salah seorang mengajukan respon, “Pak jangan di tanya interest dong tetapi jelaskan saja pekerjaan apa yang sesuai dengan jurusan yang saya ambil”. Hmm buat orang lain ini wajar tetapi buat saya ini pertanyaan yang rasanya bukanlah pertanyaan yang layak dari seorang lulusan PT karena kuliah tentunya memberi kita gambaran mengenai apa yang akan digeluti setelah lulus nanti.

Heh rasanya menjadi lebih panjang pasti prosesnya kalau menerima resume calon Karyawan seperti di atas. Membutuhkan waktu lama untuk menemukan apa yang menjadi minat sehingga saat di terima lebih terarah jelas pengembangannya sesuai dengan minatnya dan akhirnya gap antara tuntutan pekerjaan dengan current gap akan semakin mengecil.

Salah siapa kalau sudah seperti ini? Sistem pendidkan kita kah? Lalu mana gaung Link and Match yang selama ini di dengungkan oleh Dinas Pendidikan. Salah sistem kah ? Saya tidak heran sekarang pengalaman saat kami membuka vacancy di Jobsdb atau Karir yang masuk wow banyak banget, kebanyakan asal masuk saja tanpa memperhatikan kualifikasi yang ada.

No comments: