Wednesday, November 11, 2009

Fasilitator Team Building Training Surabaya

Hari masih pagi ketika saya harus memaksaakan diri untuk bangun. Jam 03.30 pagi harus sudah siap berangkat ke Bandara. Hari ini akan terbang ke Surabaya pesawat jam 05.45, wadoh masih ngantuk nih. Satu sisi saya sangat excited kalau ada tugas keluar kota seperti ini dengan tempat yang berbeda. Waktu tempuh 1 jam Jakarta –Surabaya saya habiskan dengan tidur. Surabaya dipagi hari terasa hangat menumbuhkan semangatku untuk beraktivitas hari ini. Agenda hari ini cukup padat keluar Bandara Djuanda langsung menuju Surya Surabaya. Surbaya terakhir yang kulihat setahun lalu dan sekarang menuju sisi lain Surabaya membuat ku bersemangat mengamati sekeliling dari jendela taksi.

Sampai Surya di daerah Rungkut jam 07.30 WIB, masih pagi. Saya menunggu sambil online FB di ruang tamu menunggu waktu keberangkatan ke daerah Pandaan. Jam 10.30 beangkat ke Pandaan bareng rombongan Karyawan PT Antar Surya untuk memulai kegiatan Raker Produksi. Yah saya ke Surabaya untuk mengisi satu acara dalam rangkaian Raker Produksi PT Antar Surya Jaya yaitu Team Building Training. Perjalanan ke Pandaan memakan waktu yang cukup lama juga yah sekitar 2 jam. Saya melewati lokasi lumpur Lapindo, lokasi ini sangat terkenal sekarang di Indonesia karena Lumpur yang dikenal dengan nama Lumpur Lapindo. Kemacetan mulai terasa setelah mendekati lokasi dan uniknya ternyata Lumpur membuat orang-orang disekitar menciptakan pekerjaan baru. Beragam orang melakukan aktivitas, mulai dari penjual makanan, minuman, Pak Ogah dan yang paling unik adalah ada yang menawarkan jasa penunjuk jalan untuk menghindari kemacetan lama dengan melewati jalan alternatif yang hanya diketahui oleh warga sekitar. Ternyata situasi kepepet membuat orang bisa lebih kreatif untuk menciptakan peluang yang mendatangkan keuntungan. Satu hal yang terasa dipaksaakan adalah memungut biaya untuk orang yang ingin melihat lumpur lapindo dari tanggul. Bisnis untuk orang yang “penasaran” karena saking seringnya berita tentang Lumpur Lapindo di TV atau Koran.

Ok saya tidak akan bercerita lebih dalam tentang Lumpur Lapindo karena ini sekedar intermeso perjalanan saja hehehe. Sampai di Pandaan kami memasuki sebuah kawasan wisata bermain. Semakin naik kearah bukit semakin terlihat gersang namun cukup bagus pemandangannya. Dan sampai di lokasi wow ada lapangan golf yang terawat. Ternyata ini resort dan perumahan baru yang dikembangkan Ciputra. Satu gunung di beli neh. Kami langsung naik sampai bukit pinus, lokasi paling atas dari tempat ini. Di hutan pinus ini saya akan memimpin team building. Turun dari mobil langaung menyiapkan peralatan, mencari tempat untuk games dan melakukan instalasi games. Wah untung ada yang bantu setidaknya instalasinya menjadi lebih cepat. Saya memang mendadak ditugaskan untuk memimpin team building ini. Mengamati lokasi saya segera mencoba melakukan improvisasi instalasi dengan situasi lokasi yang ada. Bagusnya lokasi hutan pinus ini banyak pohon sehingga membantu proses instalasi games.

Pukul 13.30 kami memulai Team Building dengan pembukaan oleh manajemen PT Antar Surya dan setelah itu saya langsung memimpin rekan-rekan ke lokasi yang agak luas untuk Ice Breaking dengan games ringan, moving ball, moving holla hoop. Tujuannya sih agar peserta dapat lebih luwes dan cair dan hubungan antar peserta menjadi lebih akrab. Saya mencoba melakukan games untuk menguji kekuatan tim dan terlihat memang masih ada yang ragu-ragu dan kurang total.

Saya memulai games dengan I have a Dream, Folding Map, Balon Train, dan terakhir Tenis Bola Plastic. Semua permainan diarahkan untuk membuat peserta dapat bekerjasama, berkomunikasi efektif dan dapat memimpin tim dengan efektif. Setelah setiap permainan, saya memimpin debrief. Wah saya surpise dengan semangat peserta. Usia yang tua sekitar 50-an tidak menghalangi mereka untuk mengikuti permainan dengan semangat. Saya melihat yang senior-senior ini lebih semangat dari yang muda. Peserta yang mengikuti acara ini adalah Superintendent dan Team Leader dari Department Produksi PT Antar Surya Jaya. Semua Games yang ada merupakan serangkaian tema yang ingin saya sampaikan yaitu dimulai dari dalam diri sendiri/masing-masing orang untuk memiliki mimpi dan mencoba meraihnya dengan bantuan orang lain, kemudian dilanjutkan dengan bagaimana setiap orang dalam pekerjaan menyelesaikan pekerjaan melalui kepercayaan, keseriusan dan usaha mencapai target yang sudah ditetapkan lalu berakhir dengan bagaimana usaha yang ada dapat memuaskan pelanggan baik melalui produk yang dihasilkan maupun melalui layanan yang baik kepada customer.

Saya menutup acara ini pada pukul 17.30 dengan penghargaan kepada peserta mengenai semangat nya dalam games dan kembali menekankan nilai yang terkandung dalam permainan yang dapat diterapkan dalam pekerjaan. Manajemen PT antar Surya juga memberiikan pengamatan dalam proses permainan dan menerangkan nilai-nilai dan aplikasi nya dalam pekerjaan. Wah saya puas banget dengan acara hari ini.

Setelah kegiatan Team Building ini, kamipun kembali ke penginapan. Bicara soal penginapan nyaman juga. Bentuknya seperti rumah biasa hanya saja lokasinya yang bagus, dibelakang setiap rumah penginapan ada whirpool dan kolam renang plus 10 meter dibelakangnya langsung lapangan golf. Wah kapan neh saya bisa membeli rumah ini (menghayal sambil tiduran di kursi belakang rumah).

Malamnya saya berinisiatif mengumpulkan kembali peserta untuk sharing Johari Window dengan umpan gambar yang melambangkan dirinya. Saya minta peserta bercerita tentang dirinya, keluarganya, cita-citanya dan pa yang akan diraih lagi dalam 2 thn kedepan. Duduk disamping kolam renang, bercengarama dalam suasana santai. Karena mendadak saya minta kertas dan pencil di resepsionis beruntung pencil di resepsionis ada 20 jadi bisa di pinjam. Satu persatu peserta bercerita tentang hidupnya. Ada juga peserta yang baru mengetahui rekan kerjanya. Selama ini taunya satu perusahaan namun dengan acara ini menjadi lebih dalam mengetahui rekan kerja. Acara ini sampai jam 21.30 WIB.

Malam ini saya tidur dengan nyenyak karena aktivitas yang cukup menguras energi namun saya sangat puas. Dengan persiapan mepet dan peralatan seadanya plus improvisasi games, kegiatan berjalan dengan lancar. Paginya saya langsung kembali ke Surabaya karena pesawat ke Jakarta pukul 12.00 WIB. Yah sempat keliling sebentar ke Sier, lumayan merasakan panasnya Surabaya dengan mobil tanpa Ac hehehe.

Ok see u Surabaya.
Jakarta 27 Oktober 2009

No comments: