Sunday, July 4, 2010

BERSYUKUR DARI HAL YANG KECIL


Hari ini Ramai sekali di rumah dari pagi sampai malam rumah tidak ada sepi-sepinya karena banyak saudara yang berkunjung. Perasaan kami begitu senang dikunjungi saudara-saudara seperti ini. Kebetulan saat ini mertua saya baru datang dari Manggarai. Pada saat makan malam, masih ada saudara sekeluarga bersama-sama makan malam. Saya sudah mengambil makan malam dan langsung berdoa sendiri dengan gerakan tanda salib kemudian langsung makan. Baru 2 suap saya makan tiba-tiba salah satu anak dari Saudara kami yang berumur 8 tahun berteriak, “ kita belum melakukan doa bersama sebelum makan”. Tangan saya langsung berhenti menyendok makanan dan mata langsung tertuju pada anak itu. Akhirnya kamipun sepakat doa bersama dan kami mengusulkan anak itu yang memimpin doa “Anggelo yang mimpin doa yah”. Anggelo dengan percaya diri langsung memimpin doa makan dan dengan lirih dia mulai berdoa “Ya Tuhan, terima kasih, berkatilah makanan ini agar berguna untuk kami, Amin”. Antara kaget, takjub, dan heran kami memandang anak tersebut dan saya langsung mengucapkan terima kasih atas doa spontan yang di sampaikannya karena kami berpikir dia berdoa Bapa Kami atau salam maria eh ternyata doa spontan yang sangat original khas anak kecil yang polos.

Saya malu sendiri sebagai tuan rumah tidak member contoh yang baik kepada suadara yang datang. Saya disadarkan oleh seorang anak kecil yang polos dan lebih memahami arti bersyukur dibandingkan dengan saya yang diberi kelimpahan hari ini. Dikunjungi oleh mertua yang datang dari jauh, berkumpulnya saudara-saudara di rumah dan makanan yang berlimpah, kesehatan yang prima untuk keluarga. Hari ini saya diingatkan oleh Tuhan melalui Anggelo untuk selalu bersyukur mulai dari hal kecil yang sudah setiap hari kita temui dan akan terus kita terima. Kebiasaan yang karena sudah terbiasa akhirnya lupa bahwa hal tersebut perlu di syukuri karena semuanya merupakan anugerah indah dari Tuhan.

Terima kasih Anggelo untuk hari ini, kesadaranmu mengenai arti rasa syukur dalam kebersamaan keluarga sudah mengingatkan saya untuk selalu mensyukuri apa yang diterima dan dialami.
Jakarta, 05 Juli 2010

No comments: