Tuesday, August 24, 2010

Upgrade your Life


Apa artinya 3 bulan buat anda? 92 hari, 2208 jam hmm panjang nih ceritanya kalau ditambah menit dan detik. Dalam hitungan kehamilan 3 bulan pertama atau trimester pertama adalah waktu yang sangat riskan sehingga kehamilan perlu dijaga dengan baik. Dalam hitungan tahun masehi 3 bulan pertama dalam tahun adalah awal tahun dimana banyak orang menggunakan kesempatan 3 bulan pertama untuk merencanakan apa yang menjadi target untuk dicapai, mulai mengatur jadwal, membuat action plan dan  kalau kita memasuki sebuah organisasi perusahaan baru untuk bekerja maka beberapa perusahaan menentukan 3 bulan masa probation. Masa probation ini menentukan banget untuk mempertimbangkan kelanjutan karir di perusahaan tersebut.

Buat saya 3 bulan adalah waktu untuk menata, mengatur  kembali hidupku dan menata kembali penyimpnan file-file hidup yang masih kurang beraturan. Ibarat hidupku adalah sebuah komputer maka file- file adalah pengalaman yang kita hadapi, pengalaman yang dialami setiap hari tersimpan otomatis dalam memori hidup kita, baik kita sadari ataupun tidak kita sadari. Desktop adalah apa yang kita perlihatkan sehari-hari, penampilan kita setiap hari secara fisik maupun non fisik dari perilaku yang kita perlihatkan dan folder adalah kumpulan pengalaman yang kita satukan dalam suatu pengalaman yang mungkin mirip. Penyimpanan pengalaman ku selama ini masih kurang beraturan, ada yang disimpan di Disk C, D dan F dan tersimpan di desktop, sehingga desktop hidupku jadi tidak kelihatan bagus meskipun wallpaper-nya bagus tetapi kurang terlihat  kehalang file yang tersimpan di sana.

3 bulan adalah waktu untuk melakukan proses partisi, membersihkan file yang tercecer, membuat folder yang teratur sehingga pengambilan file dan membuka file menjadi lebih efektif.  File-file hidup ku sekarang adalah produk dari pengalaman masa lalu yang tersimpan dalam file, folder hidup . so yang diatur, dipartisi, di folder adalah  file kehidupan yang saya simpan sejak tahun-tahun  sebelumnya dan kemudian  ditata menjadi lebih baik, teratur. Selanjutnya hardsik hidupku juga di scan dengan antivirus sehingga lebih bersih dan virus-virus yang mengganggu menjadi berkurang.

Tentu saja pengalaman sekarang yang menjadi focus untuk ditata, diatur, dipartisi dengan pengaturan yang baik sehingga  pengambilan data kehidupanku menjadi lebih lancar dan cepat. Data diidentifikasi dengan jelas  dan tidak tercecer kemana-mana di C, D. biarkan C menjadi folder program dan pengalaman sekarang ada di disk D dengan penyimpanan yang rapi serta penamaan yang jelas dan sesuai.

Butuh kerja ekstra,  kekuatan  dan keberanian serta  keiklasan untuk melakukan pengaturan ini. 3 bulan ini kehidupanku berubah drastis, terasa seperti tiba-tiba saja. Saya sudah memiliki seorang  anak yang cantik dan kehadirannya disertai cobaan yang membuat ku menjadi lebih dewasa dan mendorong untuk merubah file hidupku dengan meperluas conforzone dan terus mengembangakan diri. Saya menjadi lebih produktif mengembangkan diri dan inilah file baru yang akan terus kukembangkan.

Kalau hidupku  sebelumnya adalah computer pentium 3 sekarang saatnya upgrade untuk naik jadi Pentium 4 sehingga lebih luwes mengikuti perubahan dan didukung dengan file-file hidupku yang dibuat  dengan pengaturan penyimpanan yang sistematis, folder yang jelas, partisi secara berkala dan selalu melakukan scanning virus secara otomatis dengan antivirus yang juga selalu update dan ampuh dan tentu saja file-file baru yang masuk langsung disaring lebih ketat  apakah perlu disimpan atau dibuang saja sehingga tidak membebani memori hidup.

Perjalanan hidup tidak dapat kita prediksi, kita hanya bisa menyiapkan rencana dan menjalaninya secara konsisten dengan berhenti sejenak untuk maintain komputer hidup maka, kita  merenungkan kembali hidup kita, mengatur kembali file-file hidup, scan virus yang ada dalam kehidupan sehingga kita kembali memiliki hidup yang lebih baik, terbuka dengan pengalaman baru dan siap menghadapi tantangan hidup ke depannya penampilan desktop yang memiliki wallpaper yang jernih dan enak dipandang.

Bagaimana dengan anda? Kapan anda melakukan proses penataan dalam hidupmu? Ayo sekarang saatnya untuk berhenti sejenak melakukannya.

Jakarta, 25 Agustus 2010

No comments: