Thursday, December 30, 2010

2010 = Big Change & 2011 : Optimism to Success

Pagi yang cerah di hari terakhir tahun 2010. Udara terasa hangat, matahari bersinar cerah, jalanan lancar. Saatnya sedikit flashback merenung perjalanan hidup di tahun 2010 yang sebentar lagi akan berlalu.

Tahun 2010 menjadi tahun yang sangat berkesan dan berarti dalam hidupku, berbagai perubahan besar yang membuat hidupku baik dari sisi pribadi, sosial, pekerjaan berkembang dan berubah. Tahun 2010 bagiku adalah tahun PERUBAHAN. Perubahan yang membuat hidup menjadi lebih berkembang dan semuanya itu adalah pilihan bebasku. Saya akan membeberkan perubahan apa yang terjadi selama tahun 2010 semoga menginspirasi yang lain.


Pribadi
Tahun 2009, saya memasuki satu perkembangan baru dalam tahap perkembangan hidup sebagai manusia. Tahun 2009, saya menjadi seorang suami dan tahun 2010 ini saya berubah status menjadi seorang Bapak dari malaikat kecilku Nadine. Yah anakku lahir pada bulan Mei 2010 dan sukacita besar ini mengubah segalanya. Beberapa sendi kehidupanku berubah, kebiasaan, cara hidup ikut berubah seiring dengan pertumbuhan anakku dan tentu saja tanggung jawab semakin besar. Sukacita kelahiran putriku membuat aku semakin menghargai kehidupan yang dianugerahkan kepadaku, betapa tidak perkembangan seorang anak manusia saya saksikan sejak 10 menit Setelah lahir.

Sejak itu berbagai perubahan dan pertumbuhan yang selama ini saya hanya bisa dengar, baca, pelajari di bangku sekolah menjadi nyata di depan mata saya. Luar biasa anugerah Tuhan kepadaku dengan kelahiran anakku. Saat saya menulis ini anakku sudah berumur 7 bulan sudah mulai merangkak. Pengaturan dalam rumah tanggaku mulai menyesuaikan lagi dengan kehadiran putri kami. Peningkatan kebutuhan tidak menjadi kendala yang besar ditengah sukacita kami yang besar.

Kehidupan Sosial
Beberapa kebiasaan  saya mulai berubah mengikuti perubahan karena kehadiran putriku. Perasaan yang dialami ayahku Ketika kami masih kecil mulai terasa, sikap nurturerance meningkat, rasanya ingin selalu ada disebelah putriku untuk melindunginya. Kehidupan sosialku pun mulai berubah, topik pembicaraanpun mulai mengikuti perubahan ini. Senang membicarakan perkembangan anak, mulai memperhatikan pernak-pernik bayi yang mungkin selama ini menoleh ke bagian itu di-mall ngga pernah sama sekali. Saat berkumpul topik yang disenangi adalah pembicaraan mengenai perkembangan anak. Mulai jarang berkumpul dengan teman-teman lain karena lebih sering bermain dengan anak. Saya tidak merasa kehilangan untuk itu karena sekarang ini anak adalah hal yang utama. Rasanya tidak pernah terpikirkan selama ini akan seprti ini yang akan saya alami. Rahasia kehidupan yang sedikit demi sedikit saya alami. Saya bersyuku atas anugerah Tuhan untuk semua karunia indah ini. Sudah memberikan kehidupan yang indah dan dukungan keluarga, teman-teman membuat aku semakin kaya akan pengalaman hidup. Terima kasih buat teman-teman saya yang mendukung dan memahami posisi saya saat perubahan kehidupan sosialku.

Pekerjaan
Dari awal tahun saya memang sudah menetapkan tahun 2010 akan melakukan perubahan pekerjaan karena ingin mempelajari bisnis di industri yang berbeda dan tentu saja yang memiliki kesempatan berkembang lebih banyak ke bagian Training & Development karena hal ini menyangkut visi masa depanku. Dan bulan Juni 2010 kesempatan itu datang. Beberapa tawaran bulan sebelumnya sempat saya tolak karena saya merasa belum saatnya dan saat kesempatan itu datang saya mengambil dan dengan berani keluar dari comfort zone yang ada saat ini.

Banyak yang menyesalkan keputusan ini tetapi saya tetap yakin dengan keputusanku. Saat ini saya mulai merasakan manfaatnya, perkembangan pengetahuan dan kompetensiku meningkat karena tuntutan pekerjaan baru. Memang apabila memiikirkan tentang stabilisasi karir maka keluar dari suatu kelompok perusahaan yang besar dan stabil merupakan langkah yang besar dan berani. Keluar dari zona nyaman yang sudah saya lakoni selama 5 tahun ini meninggalkan keharuan karena saya meninggalkan rekan-rekan kerja yang sudah seperti saudara rasanya.

Keputusan sudah diambil kini saya mulai mersaakan manfaatnya banyak hal baru yang mungkin saja tidak akan saya rasakan dan dapatkan Ketika masih di tempat kerja yang lama. Sekarang ini seperti selalu kehausan untuk belajar hal baru dan keinginan berkembang kearah yang lebih tinggi lagi. Saya merasakan ada peningkatan motivasi untuk menggapai hal yang lebih tinggi dalam karir. Saya bersykur kepada Tuhan atas anugerah indah yang memberikan saya keberanian dan kekuatan untuk melangkah. Saya yakin semua kekuatan ini saya peroleh karena Tuhan ada bersama saya.

Tantangan
Dibalik pencapaian yang saya peroleh di tahun ini, saya melewati beberapa tantangan yang membuat saya lebih matang menghadapi kehidupan ini selanjutnya. Tantangan ini membuatku semakin bersyukur kepada Tuhan atas kekuatan batin dan anugerah kekuatan mental yang kumiliki. Setelah 2 minggu Caesar istriku masuk rumah sakit lagi lebih lama dari proses waktu melahirkan dan tentu saja anak kami ditinggal di rumah. Ini tantangan yang cukup berat bagiku namun kekuatan dan anugerah Tuhan membuat  kami dapat melewati hal ini dengan mulus. Tantangan berikutnya saat usia 3 bulan bayikupun sakit dan harus dirawat di RS. Sekali lagi anugerah  Tuhan menguatkanku untuk terus melangkah dan yakin semuanya akan baik-baik saja. Kejadian ini memberikan keyakinan kepadaku untuk terus belajar menjadi orang tua yang baik dan memberikan kekuatan dan ketenangan dalam bereaksi saat menghadapi perubahan dalam perkembangan putriku.

Sekali lagi tahun 2010 adalah tahun penuh anugerah buatku, Anugerah kehidupan baru baik dengan memberikan seorang bayi yang cantik, kuat, pintar, memberikan aku kehidupan baru dengan eksplorasi kemampuanku di tempat kerja baru. Inilah saatnya saya mengevaluasi perjalanan ku selama tahun 2010 dan merencanakan tahun 2010. Tentu saja target pribadi akan menjadi lebih tinggi dan menantang dan target di pekerjaan akan lebih baik dan suskses, kehidupan sosial akan lebih berwarna. Saya yakin dengan anugerah Tuhan semuanya akan tercapai.

Saya berterima kasih untuk semua orang yang memberikan kekuatan kepadaku tahun ini. Syukur kepada Tuhan Yesus atas anugerah ini dan penyerahan keluarga kami meneladani keluarga kudus Nazaret. Saya bersyukur dianugerahi keluarga yang mendukung seluruh perubahan dan langkah yang saya ambil dan saya juga bersyukur dianugerahi teman-teman yang luar biasa mendukung perjalanan tahun ini. Saya yakin tuhan yang akan membalas semuanya.

Sekarang lebih optimis memasuki tahun 2011 dengan resolusi baru, target yang ditetapkan akan tercapai karena saya yakin saya dianugerahi tuhan dengan talenta yang memadai, dianugerahi keluarga saling memahami dan teman-teman yang baik.


Happy New Year

No comments: