Thursday, March 3, 2011

Tips : Menghilangkan Kebiasaan Jelek Dengan Bantuan Teman


Beberapa tulisan saya sebelumnya mengupas tentang kebiasaan yang mengganggu diri kita maupun hubungan kita dengan orang lain. Yang terakhir adalah kebiasaan procrastination. Salah satu cara memecahkan masalah ini adalah dengan bantuan sahabat/teman/orang yang anda percayai untuk membantu anda. Tentu saja bukan karena rekan kerja anda seorang professional di bidang itu sehingga anda memintanya untuk membantu anda tetapi kontrol tetap ditangan anda. Bantuan sahabat/teman hanya sarana untuk mengingatkan anda untuk berhenti.

Bagaimana caranya? bagaimana peran teman kita untuk mengubah kebiasaan tersebut? Sebelum saya melanjutkan tips ini saya ingin cerita dulu pengalaman pribadi saya sehubungan dengan hal ini.

Pada awal kuliah di Jogja saya memiliki kebiasaan jelek saat sedang mendengarkan dosen di kelas dan juga saat belajar. Tangan saya tidak berhenti memencet jerawat di wajah yang muncul, meskipun jerawatnya baru muncul saya langsung pencet sehingga wajahku penuh dengan bekas jerawat dan muncul jerawat-jerawat baru. Bisa anda bayangkan ketrampilan tangan saya dan wajah saya jadi ada bekas-bekas hitam karena jerawat.

Kulit saya memang berminyak jadi jerawat mudah tumbuh. Bahayanya apa yah? Mungkin kebiasaan ini bukanlah hal yang sangat mengganggu tetapi wajah jadi belang dan  tentu saja tangan saya yang mungkin kotor/bervirus akan menambah dan melukai kulit sehingga bekas jerawat jadi melebar.

Seorang teman kelas saya, seorang wanita yang saya anggap seperti kakak buat saya karena usianya memang lebih tua dan sudah jadi biarawati selalu duduk di samping saya di kelas. ternyata dia memperhatikan kebiasaan saya ini. Awalnya ngga masalah dan dia cuek aja tetapi lama-kelamaan dia merasa terganggu juga dengan kebiasaan saya tersebut karena setiap saya memencet jerawat kadang ada sedikit darah dan saya minta tisu ke dia untuk membersihkan darah dari bekas jerawat tersebut. Suatu kali saat saya baru menyentuh wajah untuk memencet jerawat temanku itu langsung memukul tangan saya dan menegur saya supaya tidak memencet jerawat lagi. Tidak lama kemudian saya menyentuh wajah lagi untuk memencet jerawat dan tiba-tiba temanku mencubit tangan saya, duuuh sakit banget dan saya tidak bisa marah karena ada dosen di kelas sedang mengajar.

Setelah itu setiap kali saya menyentuh wajah, temanku selalu memukul tangan atau mencubit, entah di kelas, perpustakaan, kantin, saat diskusi kelompok atau mengerjakan tugas kelompok. Awalnya hal ini terjadi dengan intensitas yang sering tetapi lama kelamaan semakin jarang dan dalam waktu setahun kebiasaanku memencet jerawat hilang sama sekali dan lucunya meskipun saya mau mengangkat tangan untuk hal lain temanku langsung memukul. Tetapi saya tidak marah untuk hal ini selain karena saya menghormati temanku, saya juga paham banget tujuannya dan saya beruntung memiliki teman yang memperhatikan dan suka rela melakukan sesuatu untuk mengubah kebiasaanku. Coba anda melihat saya sekarang tidak ada bekas jerawat sama sekali hehehe

Nah teman-teman inilah maksud saya peran teman kita dalam mengubah kebiasaan yang ingin kita hilangkan.
  1. Minta salah satu teman kita untuk melakukan sesuatu entah dengan cubitan, pukulan kecil saat kita sedang melakukan kebiasaan yang ingin dihilangkan.
  2. Sepakati dengan teman anda tindakan apa yang akan dilakukan sebagai punishment saat kita sedang melakukan kebiasaan tersebut. Pengalaman saya meskipun saya tidak meminta tetapi saya setuju dengan tindakan tersebut dan memang tindakan tersebut efektif buat saya.
  3. Tunjuklah teman yang sering bersama anda sehari-hari sehingga mempermudah proses punishment-nya. Pacar/istri atau suami juga boleh kog
  4. Minta teman anda memberikan punishment yang sudah disepakati langsung saat kita melakukan kebiasaan tersebut sehingga efeknya langsung ada. Jangan menunda karena hal ini tidak terlalu efektif untuk mengubah toh perilaku itu sudah berlalu.
  5. Saat menerima punishment mungkin anda akan kesal karena mood anda yang sedang jelek tetapi jangan terpancing emosi, terima saja karena ini adalah kesepakatan anda berdua. Saya pun pernah kesal dengan teman saya saat dia memberikan punishment pada saat saya lagi bokek hehehehe. Khan menyebalkan lagi asyik mikir uang kiriman eh tiba-tiba dicubit. Atau mungkin anda malu karena punishment itu dilakukan di depan orang banyak tetapi dengan komitmen anda akan melalui ini dengan baik kog.
  6.  Kalau perlu buat catatan untuk melihat perkembangan perubahan dari kebiasaan yang mau anda hilangkan.
  7. Saat terjadi perubahan berikan sedikit reward untuk diri anda dan rekan anda, misalnya dengan merayakan bersama melalui cara makan-makan, nonton atau hal lain yang mungkin menyenangkan untuk anda lakukan.

Kebiasaan apa saja yang bisa di atasi dengan cara ini? Salah satunya pengalaman pribadi saya menghilangkan kebiasaan memencet jerawat, menghilangkan kebiasaan merokok, ngupil atau kebiasaan lain yang anda anggap mengganggu anda.

So guys selamat mencoba yah, saya yakin anda dapat menghilangkan kebiasaan jelek anda sehingga kualitas hidup anda menjadi lebih baik.

Jakarta, Maret 2011

No comments: