Thursday, March 21, 2013

KOQ


Sebulan terakhir ini kata “KOQ” lagi hits dan jadi trending topik di rumah kami. Kalau dari sisi pengertian kata, maka kata ini  adalah kata seru yang menyatakan keheranan. Benar ngga yah he he.

Puteriku yang masih berusia 2 tahn 8 bulan lah yang mempopulerkan kata ini di rumah maupun di luar rumah ketika kami bepergian. Paling banyak memang diajukan di rumah namun kalau kami keluar rumah entah jalan-jalan, ke gereja maka kata “KOQ” ini juga sering muncul sebagai kata awal dari sebuah kalimat Nadine untuk situasi yang belum pernah dilihatnya.

Kata ini sering sekali diucapkan Nadine ketika dia penasaran dan ingin tahu tentang sesuatu, misalnya “KOQ” Papa pegang Handphone? KOQ Mama pake baju itu? Kog kita ke gereja? Kog Nadine pake sandal kalau keluar rumah? Apalagi kalau nonton TV, Kog Dora jalan ke situ? Kog barney goyangnya kayak gitu? Kog kakak ikat tangannya? Atau pas nonton TV sinetron KOQ Om-nya marah-marah?

Selama ini saya mendengar cerita teman-teman saya yang sudah memiliki anak mengenai usia dimana anak-anak mempertanyakan segala sesuatu di sekitarnya. Sekarang Nadine sudah mulai dan tentu saja salah menjawab bisa berabe karena jawaban ini akan menjadi dasar dia untuk menjawab pertanyaan seprti itu dikemudian hari. Saya juga merasakan dan mengalami hal seperti ini dimana salah menjelaskan dan Nadine  mengingatnya dengan jelas.

Saya juga ngga tahu atau ngga sadar dari mana pertama kali  kata itu diperoleh anakku. Tiba-tiba saja muncul dengan kata awal Koq.

Karena saya pernah belajar tentang perkembangan anak, maka saya senang juga Nadine mengajukan pertanyaan dengan awalan Kog. Itu berarti secara umum perekmbangan otaknya berkembang pesat sehingga lebih bisa diarahkan untuk mempelajari hal lainnya dan mampu memhami situasi dan konteks yang ada disekitarnya.

Saya kembali tercengang dengan perkembangan ini, namun tetap dengan yakin memberikan yang terbaik untuk puteriku 

No comments: