Tuesday, November 26, 2013

Aplikasi Edukatif untuk Anak Balita anda di Smart Phone, Tablet



Menindaklanjuti  postingan saya sebelumnya berikut saya sharingkan beberapa aplikasi yang cukup edukatif untuk anak Balita anda yang dapat di download untuk dipakai di Smartphone, tablet atau gadget anda yang lainnya.
Berikut beberapa content yang menurut saya berguna dan membantu perkembangan belajar anak : 

a.    Phonic Song di Youtube, Hal pertama yang saya perkenalkan kepada puteri saya adalah content dari youtube. Beberapa content yang cocok untuk belajar bahasa inggris adalah dengan memperkenalkan Phonic song. Caranya adalah ketika masuk youtube search phonic song maka akan muncul beberapa pilihan lagu. Disini saya mengajarkan anak saya untuk mulai membaca abjad dalam bahasa inggris dengan menggunakan bunyinya dan kemudian di masing-masing abjad di hubungkan dengan satu benda sesuai dengan huruf awal benda tersebut. Lagunya yang dipakai dalam phonic song mudah dipahami dan anak saya bisa betah mendengar phonic song  sambil belajar abjad. Saat ini beberapa film yang biasa dia tonton di Tv khususnya channel anak-anak bisa di tonton melalui youtube tanpa mengubah bahasanya dari bahasa inggris ke Indonesia dan so far anak saya paham kog jalan ceritanya bahkan dia dapat sedikit-sedikit dapat menceritakannya kembali.

b.    Animal song, Animal Abc, Animal sound, ABC Flash Card. Beberapa content ini membantu untuk pengenalan huruf dan pengenalan bunyi binatang atau pengenalan bermacam-macam binatang dengan gambar yang diambil dari foto aslinya maupun gambar animasi.

c.    Phonics Island.  Ini adalah aplikasi yang saya sarankan kepada anda untuk proses belajar huruf, mengetahui nama binatang, melihat kesamaan huruf. Awalnya saya iseng download yang free hanya dari huru F, N, D, E  dan ternyata sangat menarik untuk proses belajar. Saya mencoba mengajarkan cara mainnya kepada puteri saya dan selanjutnya dia senang sekali memainkannya. Akhirnya saya download semuanya tentu saja dengan charge 2 dolar kayaknya. Dalam aplikasi games ini anak dihadapkan pada sebuah pulau dan berisi monyet dan bagian pulau-pulau itu bermacam-macam hewan tinggal sesuai abjad hewan dari A-Z, setiap huruf diwakili beberapa jenis hewan sehingga lebih variatif. Setiap area aka nada instruksi untuk memindahkan hewan ke dalam kereta dan anak diminta sabar untuk mendengar dulu instruksinya baru melakukan permianan yaitu  memindahkan binatang tersebut ke sebuah kereta yang dikendari oleh monyet. Pulau di bagi menjadi 7 bagian  atau 7 level permainan. Ketika satu level terlewati pemainnya akan dihadiahi satu stiker yang ditempelkan di dinding khusus. Saya menyarankan anda yang memiliki anak balita untuk mencoba permainan ini dan tentu saja perlu kita damping supaya dapat memahami prosesnya.  Setiap hewan yang ada bisa di klik dan akan mengeluarkan bunyinya khas hewan tersebut dan ketika berhasil akan muncul suara cara pengucapannya nama hewan tersebut. So far anak saya sangat menyukai dan menjadi hapal cara membaca misalnya elephant, pengucapannya menjadi pas dengan phonics-nya. Menariknya lagi ketika berhasil ada feedback positif dengan kata-kata excellence, great job, awesome.Hal Ini melatih anak untuk mengucapkan kata-kata positif untuk menghargai usahanya.

d.  Toys Memori. Aplikasi ini menarik untuk melatih daya ingat anak terhadap benda dan memahami bentuk yang sama. 

e.   Kids Learn to. Aplikasi ini membantu anak untuk belajar kata, belajar membaca dan membuat kata  dalam bahasa inggris. Mulai dari kata yang sederhana dan terdiri dari 3 huruf. Menariknya ketika berhasil  ada  feedback dengan kata-kata pujian sperti Awesome, excellence. 

f.    Differences. Aplikasi ini cocok untuk membantu anak bisa mencari perbedan diantara 2 image dan melatih juga ketelitian untuk melihat mana yang masih belum sama dari gambar kedua.

g.   Play Piano, Play guitar, drum atau jenis music lainnya.  Aplikasi ini membantu anak dapat berlatih bermain music dn membedakan nada. Hal ini akan melatih kepekaan music.

Apakaha anda memiliki aplikasi yang lain, sharing yuuk

No comments: