Tuesday, November 26, 2013

Tips Menggunakan Smartphone, Tablet Secara Bijak untuk Anak Balita Anda


Berapa gadget yang anda punyai sekarang?? Saya yakin saat ini minimal anda punya 2 gadget di kantong.  Harga Gadget yang terjangkau dengan teknologi yang canggih membuat kita dapat membeli lebih dari satu gadget.  Bahkan banyak anak balita  sudah memiliki gadget yang dibelikan orang tuanya sebagai hadiah atau memang diminta oleh anaknya. Anda pernah perhatikan di tempat umum, orang tua asyik dengan gadget  dan disebelahnya anaknya juga asyik memakai gadget. Kalau di Jakarta pemandangan ini sudah semakin lumrah karean saking banyaknya anak yang memagang Gadget. Pada pertemuan keluarga orang tua sibuk ngobrol dengan sesame orang yang lain sementara anak juga asyik dengan games dalam gadgetnya.

Situasi seperti ini tidak dapat dihindari karena memang  kemajuan teknologi membuat segalanya mudah diperoleh dan menyenangkan buat semuanya baik  kita sendiri maupun anak. Kalau dulu anak menangis ditempat umum lalu orang tuanya kemudian membeli permen atau es krim untuk menenangkannya maka sekarang sudah beda banget lho. Anak menangis di tempat umum orang tua  menenangkannya dengan memberikan tab supaya anak bisa bermain game. Ada juga anak dikasih tab supaya tidak mengganggu aktivitas orang tuanya entah di rumah ataupun diluar rumah. Kalau yang ini saya termasuk pernah melakukannya he he.

Bagaimana membuat gadget yang kita berikan kepada anak kita dapat membantu dan memberikan nilai positif sehingga tidak sekedar bermain tetapi menyaring content yang digunakan bersifat edukatif dan sesuai serta mendukung proses  perkembangan dan pertumbuhan anak.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya akan sharing bagaimana cara memjadikan Gadget sperti smartphone, tab sebagai bagian dari proses pembelajaran untuk puteri saya. Sejak usia 3 tahun saya sudah memperkenalkan tab kepada anak saya. Tab mudah dipelajari oleh puteri saya karena dengan teknologi layar sentuh mudah buat anak menggunakan tab.

Pertama saya akan menyampaikan bagaimana cara saya mengatur pemakaian tab untuk anak saya. Tab yang digunakan untuk anak saya adalah tab yang saya gunaka jadi  bukan khusus dbeli untuk anak saya jadi saya perlu mengatur pemakaiannya.  
Beberapa hal yan diperhatikan ketika kita memberikan tab ataupun gadget lainnya adalah :
1.       Dampinglah anak anda ketika menggunakan tab
Lakukan pendampingan dan usahakan tetap berkomunikasi, misalnya mengajarkan cara bermain dalam aplikasi tertentu,  menanyakan apa yang sedang dimainkan, apa saja yang ada di dalam aplikasi tersebut. Buat anak yang lebih besar atau bukan balita mungkin mendampingi mereka dalam proses ini dirasa mengganggu mereka namun saya sarankan untuk anak yang baru awal menggunakan tab tetap damping. Jangan terlalu lama membiarkan anak anda bermain tab sendirian karena akan membuat dia tergantung dengan tab.

2.       Batasi waktu anak bermain tab.
Disini membutuhkan ketegasan karena biasanya anak kalau sudah bermain tab akan lupa aktu karena asyi dengan tab-nya. Apabila anak menangis karena tab-nya karena batas waktu bermain yang sudah ditentukan selesai biarkan saja dulu. Jangan memberikan tab lagi untuk menenangkan. Ada saatnya puera/I kita akan  berhenti menangis ketika tab-nya diambil. Saya pernah mengalami anak saya ngga mau berhenti main tab sampai jam 11 malam dan saya akhirnya mengambil tab meskipun dengan sedikit memaksa dan setelahnya anak saya menangis yah biarkan saja. Akhirnya juga dia tertidur dengan sendirinya.

3.      Konsisten dalam menerapkan aturan menggunakan tab.
Ketika kita sudah membuat aturan mengenai penggunaan tab dengan batasan waktu atau aturan mengenai Content yang boleh dimainkan maka laksanakan aturan itu secara konsisten untuk semua putra/i anda dan sepakati antara istri atau suami anda untuk menerapkan aturan tersebut dengan cara yang sama. Misalnya ketika  tab kita ambil karena waktu penggunaannya selesai maka lakukan dan ketika anak menangis  dan kita tidak tega kemudian memberikan toleransi dengan memberikan tab lagi untuk menenangkannya  maka jangan heran dikesempatan lain anak akan mengulang perilaku yang sama dengan menangis untuk meminta sesuatu dan akan berkembang bukan hanya untuk urusan tab namun semua hal akan dia lakukan dengan cara menangis. Karena anak belajar bahwa menangis adalah cara efektif agar orang tua mengabulkan permintaannya.

4.      Pilihlah content atau aplikasi yang sesuai usia dan content yang mendukung perkembangan belajar anak.
Saya akan membagikan beberapa content yang menurut saya sangat bermanfaat untuk perkembangan anak khususnya untuk anak yang dari awal kita biasakan berbahasa inggris. Puteri saya dari awal kami masukan ke sekolah yang bahasa pengantarnya Bahasa Inggris dan salah satu cara saya untuk membiasakan dia belajar bahasa inggris adalah dengan menggunakan tab.

No comments: