Monday, September 20, 2010

Blackberry VS Gaya Hidup = Self Esteem


Seorang teman pernah membuat status di facebook, ”Banyak teman saya orang asing ( bule ) heran melihat orang indonesia senang banget membeli barang  khususnya handphone yang canggih yang muaaahal bukan karena kebutuhannya tetapi untuk gaya hidup”.

Nah saya jadi tertarik nih membahas ini di blog karena barusan membaca kisah di kaskus.com mengenai seorang pengusaha muda Rudi Salim dengan bendera PT Excel Trade Indonesia yang sukses dengan usahanya melayani kredit barang secara online dan beliau menyaampaikan ternyata belakangan ini sekitar 85 % kredit yang diajukan adalah untuk membeli blackberry dan handphone canggih lainnya.


Pengguna blackberry di Indonesia sudah menembus angka 1 juta orang sampai dengan bulan Maret 2010(Kompas, Jumat, 23 April 2010), wow berarti kalau dihitung sampai bulan ini bisa jadi lebih besar lagi dong.

Wow  segitu gandrungnya orang Indonesia dengan blackberry dan handphone canggih lainnya????  Mengcengangkan tingkat pembelian barang seperti ini  yah ditengah berseliweran berita kelaparan. Walaupun kalau mengacu pada apa yang disampikan oleh Rudi Salim di atas banyak pembeli hp menggunakan kredit.

Betapa bangganya kalau dalam postingan difacebook  diawali dengan lambang salah satu hp mahal tersebut. Apakah semua fasilitas yang ada dimaksimalkan?? Banyak dari pengguna Hp canggih ini karena ikut-ikutan biar kelihatan keren tanpa memperhatikan fasilitias apa saja yang ada di handphone hehehe dan pertimbangan apakah pembeliannya memang sesuai dengan kebutuhan  maksud gw seseuai dengan penggunaannya dan memang dalam pekerjaanya fasilitas dalam smartphone itu diperlukan.

Gejala ini seperti menular yah dari orang ke orang dan menggejala seperti banjir bandang melanda warga Jakarta dengan handphone jenis blackberry. Buat yang belum pas duitnya pakainya blueberry atau berry-berry lainnya. Yah namanya gaya hidup, lihat saja dimana-mana nenteng HP keren, gede, tanpa peduli dibeli dengan kredit yang memaksa setiap bulan mengeluarkan uang dengan bunga yang tinggi untuk membayar cicilannya yang penting khan gaya hahaha.

Gaya hidup seperti ini bagi penggunaa hp dapat  menaikan tingkat kepercyaan diri dan self esteem. Maslow mengemukakan hierarki  kebutuhan dan salah satunya adalah self esteem dan saya melihat penggunaan barang canggih ini sebagai gaya hidup adalah untuk meningkatkan self esteem namun sumbernya bukan dari dalam diri tetapi dari luar.

No comments: