Friday, December 9, 2011

Tipe Karyawan


Sebagai orang yang bergerak dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, urusan kualitas Karyawan menjadi makanan saya sehari-hari. Saya tertarik dengan suatu asosiasi mengenai kecendrungan perilaku Karyawan dalam bereaksi terhadap situasi yang ada di tempat kerjanya.

Ada Karyawan yang dianugerahi kemampuan lebih dan memiliki keinginan besar untuk maju. Karyawan seperti ini diibaratkan seperti gelas yang besar, belum penuh dan penutupnya terbuka. Mereka selalu positif menghadapi perubahan dan tuntutan dari perusahaannya. Tantanganan pekerjaan yang diberikan dipecahkan dengan baik sehingga menjadi favorit managemen dalam menyelesaikan pekerjaannya. Mereka inilah yang dikategorikan Star.

Ada Karyawan seperti gelas yang besar memiliki daya tampung yang tinggi namun sayang gelasnya tertutup. Karyawan dengan situasi seperti ini dianugerahi kemampuan lebih namun dalam kesehariannya dia terlihat tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan tuntutan lingkungan. Karyawan jenis ini cenderung  menjadi pembuat onar, penghasut, pembuat gosip. Apabila diarahkan dengan baik dari sisi perilakukunya, Diberikan coaching yang sesuai maka Karyawan ini memiliki potensi yang besar untuk dapat menjadi Star. Arahkan mereka agar membuka penutup gelasnya dengan mendorong agar lebih positif melihat dan bereaksi dengan lingkungan disekitar. Lebih terbuka dengan masukan orang lain even itu dari bawahan kita.


Karyawan yang memiliki gelas ukuran kecil dan penutupnya terbuka. Karyawan seprti ini tipe pekerja yang berusaha dengan kemampuannya belajarnya yang tinggi meskipun harus dilakukan dengan berulang namun usaha untuk majunya kelihatan. Tipe ini akan menjadi pekerja yang baik untuk organisasi karena mreka dapat mengikuti semua aturan yang ada, terbuka dengan perubahan. Walaupun dalam memenerima perubahan lebih lamban dalam menyesuaikannya namun keterbukaan mereka terhadap situasi dan tuntutan membuat mereka dapat diadalkan. Kegigihan, kesabaran terlihat jelas dalam diri Karyawan tipe ini. KAryawan tipe ini perlu terus dimotivasi agar dapat terus berprestasi.

Karyawan yang memiliki gelas yang kecil dalam keadaan tertutup. Tipe Karyawan seperti ini dalam organisasi perusahaan menjadi deadwood. Mereka memiliki kemampuan yang pas-pasan namun tidak terbuka dengan perubahan. Kurang dapat mengikuti tuntutan perusahaan karena kecendrungan yang ingin menang sendiri, egois, dan sering menyalahkan orang disekitarnya terhadap hasil kerjanya yang buruk.

So Bagaimana ukuran dan posisi gelas anda saat ?

Jakarta, Desember 2011

No comments: