Tuesday, December 13, 2011

Berbuat Baik Ala Shaun The Sheep


Anda kenal dengan kelompok biri-biri  kocak dalam shaun the sheep? Saat ini hampir setiap hari saya nonton. Awalnya karena putri saya yang masih berusia 1.5 tahun begitu senang dan berteriak antusias setiap kali melihat kelakuan shaun the sheep. Saya akhirnya nonton juga meski rada aneh pada awalnya, lha bentuk kartunnya saja kaku begitu kog he he. Eh lama kelamaan saya mulai suka nontonnya dan itulah rutinitas setiap malam dengan putriku nonton bersama dan ketawa bersama.

Keseringan nonton kartun shaun the sheep saya jadi mengamati apa yang menarik yah dari shaun the sheep ini? Sepengetahuan saya yang namanya domba itu binatang yang bodoh. Dia bahkan lupa jalan masuk dan keluarnya ketika masuk kandang, sehingga seorang gembala/peternak biri-biri perlu mendampingi apabila dilepas ke padang. Namun dalam kartun ini semuanya diperlihatkan dengan sudut pandang yang berbeda. Apa saja nilai positif dalam kartun ini ?  Yuk kita gali bareng dan kalau ada yang masih kurang silakan di tambahkan.

1.     Jenaka/kocak
Coba anda perhatikan kelakukan kelompok shaun the sheep, ada saja tingkah lucu yang diperlihatkan. Kelucuan muncul dari usaha mereka menyelesaikan suatu pekerjaan. Berbagai cara dan gaya diperlihatkan dari yang biasa sampai yang aneh. Saya jamin anda akan tersenyum melihat tingkah mereka.
2.    Berbuat baik tanpa pamrih
Kelompok Shaun the sheep selalu mencoba berbuat baik untuk menolong tuannya. Satu nilai positif yang ada disini, kelompok shaun the sheep selalu melakukannya tanpa sepengetahuan pemiliknya. Mereka melakukannya ketika tuannya tidak ada ditempat atau ketika tuannya tidak memperhatikan mereka. Ketika tuannya ada mereka kemudian menghentikan apa yang dilakukan dan berbuat seolah-olah tidak pernah melakukan sesuatu. Innocent banget ha ha.Ini menarik ditengah suasana kita yang selalu berusaha memperlihatkan bagaimana baiknya kita dengan menolong orang lain. Saat melakukannya kita usahakan dilihat orang lain bahkan ada yang disorot kamera agar banyak orang tahu kalau sedang berbuat baik. Mari kita contoh kelompok shaun the sheep yang berbuat kebaikan secara tulus tanpa perlu dilihat orang lain.
3.    Kerjasama tim yang solid
Coba lihat usaha kelompok shaun the sheep, setiap anggota memiliki peran masing-masing. Mereka saling mengisi satu sama lain dan memahami perannya dengan baik. Anda perhatikan ketika ingin mencapai tempat yang tinggi maka yang paling besar sudah langsung ada dibawah dan yang paling kecil ada paling atas dan ketika ada hal tertentu misalnya ketika tuannya datang maka semua peralatan yang digunakan disembunyikan kedalam bulu shaun the sheep yang paling tebal bulunya. Perhatikan peran sheep yang paling kecil, dialah yang menjadi anggota kelompok  yang paling diandalkan untuk menggapai sesuatu karena kelincahannya.
4.    Pemimpin tidak harus yang berbadan besar
Pemimpin dalam kelompok shaun the sheep adalah justru yang paling kecil. Dialah yang mengatur  strategi kelompok, mengatur gerakan, langkah kelompok  dalam bekerjasama. Dengan kerjasama yang solid dengan doggy penjaga pemimpin sheep melakukan tugasnya dan member kode apabila kelompok melakukan sesuatu. Ide-de baru muncul dari sheep yang paling kecil dan dialah yang paling aktif bergerak.
5.    Gigih
Kelompok shaun the sheep berusaha dengan gigih dalam meraih apa yang diinginkannya. Segala usaha dilakukan untuk mencapainya dan ketika itu gagal mereka bukannya putus asa tetapi terus mencari cara baru dengan menggunakan peralatan yang ada disekitarnya. Usaha ini dilakukan sampai mereka mendapatkan hasil yang dinginkan.
6.    Kreatif
Dalam berusaha kelompok shaun the sheep selalu menggunakan cara-cara yang kreatif dan unik. Peralatan yang digunakan juga sederhana namun caranya yang  kreatif dan unik. Ide-ide kreatif langsung muncul kadang tanpa perencanaan.

So rekan-rekan, mari belajar dari kelompok jenaka Shaun the Sheep, ada banyak pelajaran yang bias kita ambil. Salut saja buat creator dengan ide-ide segarnya.

Jakarta, Desember 2011

No comments: