Wednesday, February 13, 2013

GROW Part 2 : Reality


Setelah anda menentukan Goal, sekarang kita melangkah ke tahapan berikutnya yaitu Reality yaitu kenyataan, situasi, data  yang ada saat ini sesuai Goal. Dalam tahapan ini anda mengecek apa saja yang anda punyai saat ini untuk mencapai goal anda misalnya keuangan, pekerjaan, networking, atau apapun   yang akan mungkin mendukung untuk mencapai goal itu. Disini yang diidentifikasi adalah modal yang anda miliki untuk mencapai goal tersebut.

 Selain itu yang perlu anda gali adalah hambatan yang anda punyai untuk mencapai goal tersebut. Coba anda gali dan identifikasi hambatan-hamabatan apa saja yang muncul dari diri anda, lingkungan sekitar atau dari manapun yang menghambat pencapaian goal anda.

Disini anda punya modal dasar untuk mencapai goal dan anda juga punya hambatan. So, anda memiliki gap sekarang antara apa yang anda punyai dan apa yang masih menjadi hambatan anda mencapai goal. Coba anda list semua hambatan yang ada lalu setelah semuanya tertulis gali satu persatu hambatan atau masalah yang ada dengan cara mengecek  satu persatu apakah masalah tersebut riil atau hanya anggapan atau persepsi anda saja. Coba lihat juga apakah hambatan atau masalah tersebut bisa anda kontrol atau tidak dapat anda kontrol.  Maksud saya dapat dikontrol adalah ketika anda mencoba menyelasaikan  masalah tersebut, tindakan anda dapat menyelesaikan masalahnya dan masalah yang tidak dapat anda kontrol adalah masalah yang penyelesaiaannya diluar jangkauan anda atau tergantung orang lain.

Banyak masalah muncul karena persepsi anda terhadap diri anda sendiri misalnya karena masalah persepsi atau paradigma yang anda punyai. Contoh anda menganggap sesuatu hal sulit dilakukan padahal anda belum mencoba atau sebelum anda memulai anda sudah psesimis dan kurang percaya diri. Atau juga anda kwatir karena anda melihat orang lain melakukannya dan gagal. Masalah-masalah seprti ini disingkirkan agar diperoleh masalah-masalah yang riil.

Setelah anda gali dan buang masalah-masalah yang kurang riil, buatlah list anda menjadi beberapa hambatan yang nanti anda akan selasaikan melalui proses dilangkah selanjutnya.

To be continue

No comments: