Wednesday, February 13, 2013

GROW Part 3 : Option


Setelah anda mengidentifikasi  modal yang anda punyai dan daftar hambatan yang ada untuk mencapai goal sekarang berdasarkan situasi ini buatlah Option atau Pilihan-pilihan yang perlu ditempuh untuk mendekatkan “reality” ke “goal”.

Di langkah ini anda menggali pilihan yang akan dilakukan untuk mencapai goal anda, pertama yang perlu  anda lakukan adalah buatlah pilihan-pilihan cara, langkah untuk menyelesaikan masalah atau hambatan yang anda temuai pada tahap reality. List lah sebanyak-banyaknya apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut sehingga anda dapat lebih efektif mencapai goal anda.
Berdasarkan list atau daftar pilihan-pilihan yang ada, buatlah daftar tersebut menjadi beberapa pilihan dengan mengecek  manakah pilihan yang masuk akal anda lakukan tentu saja disesuaikan dengan modal yang anda punyai juga. Buatlah pilihan yang membuat reality anda dekat dengan goal yang akan anda capai.

Buatlah pilihan yang tidak menyulitkan anda untuk melakukannya. Setelah anda memilih beberapa pilihan yang ada maka anda siap melakukan rencana anda. 

No comments: